Senin, 16 Januari 2012

Job description order taker housekeeping department


Tugas Order Taker Housekeeping Department















A. Pendahulauan
Tugas pokok : Bertanggung jawab administrasi, operasional housekeeping dan menerima, mencatat, serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh tamu.
uraian tugas : 
  1. Membaca log book, function sheet, Expected arrival, dan expected depature
  2. Membagikan kunci kepada room attendant sesuai dengan sectionnya/pembagian tugasnya.
  3. Menindak lanjuti informasi-informasi yang diterima dari tamu maupun departement lain, seperti : tamu check out, expected depature dan expected arrival.
  4. Mencatat seluruh informasi yang diterima ke log book.
  5. Memberikan  informasi tentang status kamar kepada room attendant.
  6. Membuat Work Order dan diteruskan kepada eingeneering sesuai dengan kondisi kerusakan yang dilaporkan oleh room attendant.
  7. Bertanggung jawab atas pengeluaran extra item untuk tamu.
  8. Mengerjakan administrasi dan pembukuan atas pengeluaran barang-barang dan guest supplies secara detail.
  9. Mengontrol penggunaan guest supplies dan pengembaliannya ke gudang.
  10. Meminta / request / order guest supplies dan barang-barang lain berdasarkan kebutuhan operasional.
  11. Memesan bunga untuk keperluan front office yang sesuai permintaan.
  12. Menerima dan menyimpan master key yang diserahkan kepada room attendant pada akhir shift.
  13. Menyampaikan informasi-informasi penting kepada shift berikutnya didalam log book.
  14. Memberikan perhatian khusus kepada tamu VIP , Lostain guest, dan House used.
  15. Membina hubungan baik kepada departemen lain.
Sifat yang harus dimiliki oleh Order Taker :
  1. Fleksibel
  2. Profesional
  3. Empati
  4. Sopan santun
  5. Ramah
  6. Responsive
  7. Administration skill
  8. Dapat berkomunikasi
  9. Product knowladge
  10. Berpengalaman kerja di kamar ( floor section )
  11. Berpengalaman di outlet-outlet lain
Perlengkapan yang harus ada di Order Taker
  1. Formulir : 
  • Order taker log book
  • Lost and found form
  • Lost and found book
  • Work order / Maitance request
  • Pestcontrol book
  • MC book
  • Key control book
   2. Alat :
  • Computer system
  • Telephone switch board
  • Hotel information
  • Housekeeping information
  • Pager / Telephone / HT
  • Key drop

3 komentar: